a Cerita Fiksi… Cerita ini tentang Hypno selling untuk marketing lanyard printing
Gue adalah marketing Lanyard Printing.
Di luar perumahan tempat gue tinggal saat ini di daerah Bekasi ada beberapa pedagang sayur,
ada yang di ruko, kios di halaman rumah.
dan Pakde (begitu pelanggan memanggilnya) adalah satu-satu nya yang menggunakan gerobak
dan mangkal di pinggiran jalan, Pakde biasa mulai mangkal jam 5.00 selepas shubuh.
Awalnya gue sempat bingung kenapa Pakde selalu lebih rame berbanding dengan pedagang sayur lain
di sekitar padahal tempat dia mangkal sangat tidak representatif,
saking KEPO nya suatu saat selesai jalan pagi gue nongkrong di warung rokok dekat tempat mangkalnya si Pakde.
Hypno Selling
Ternyata bagaimana Pakde men treat pelanggannya berbeda dengan pedagang sayur lainnya,
1. Pakde sangat hafal nama pelanggannya
2. Pakde tau pelanggannya adalah istri dari bapak…
3. Pakde tau rumah masing-masing pelanggannya (padahal pakde ngga pernah masuk ke perumahan karena perumahan kami steril dari pedagang/non penghuni selama pandemi)
4. Pakde paham banget pelanggannya kerja di mana (gue sempat dengar saat dia nanya ke pelanggannya ” ibu masih kerja di “di sebut nama salah satu bank bumn”)
5. Kalimat menjual yg keluar selalu berkandungan Hypno selling, seperti: ini sayuran special dan saya ngga bawa banyak, sayang kalau ngga diambil dan murah ko cuma… Rupiah
Gokil kaan pakde paham banget membangun strategy customer experience, walaupun tidak secara utuh tapi paling tidak,
a. Prioritaskan pelanggan, apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya dia sediakan, jika saat itu tidak ada,
maka ada kalimat yang bikin gue takjub “selanjutnya akan sy sediakan”
b. Pakde sangat paham siapa aja pelanggannya
c. Berinteraksi dengan pelanggan, semua pelanggan dia tangani sendiri karen dia nggak punya asisten.
Kalau pakde sedang melayani pelanggan lain, maka yg belum dilayani dia sapa sebentar ya bu,
silahkan dipilih dan dilihat saja terlebih dulu pokoknya semua pelanggan dia sapa dengan ramah.
Nampak sangat menguasai hypno selling.
Pantesan aja dia lebih rame dari pedagang lainnya…. strategi ini sangat berguna bagi gue Hypno selling khususnya untuk marketing lanyard printing murah.
Ending
Akhir cerita ini jadi inspirasi utk gue yang juga pedagang… khususnya Printing Lanyard.
Jadi ingat sayidina Ali bin Abi Thalib RA. “Lihatlah isi pembicaraan, jangan lihat siapa yang berbicara”…
Dalam konteks pakde utk gue: “liat apa yg pakde lakukan, jgn liat siapa yg melakukan”
Matur suwun pakde, tanpa kamu ketahui saya banyak belajar dari mu.. Hypno selling untuk marketing lanyard printing.
Baca juga macam-macam lanyard berdasarkan fungi dan jenisnya di sini : https://www.kitakasilanyard.co.id/gantungan-id-card-custom-fungsi-dan-jenisnya/
https://www.kitakasilanyard.co.id/print-tali-id-card-termurah/
Buat yang tertarik artiker tentang marketing dan seo bisa langsung ke TKP ya